Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menabung Bekal Persiapan Di Masa Pensiun

Masa pensiun sering kali tidak terpikirkan oleh kita. Terutama bagi anda yang masih berusia produktif dan masih bekerja. Anda pasti berpikir mengejar cita cita dulu seperti menikah, punya rumah, beli mobil dll. Padahal menabung bekal persiapan di masa pensiun harus dipersiapkan sejak dini.

Hal ini disebabkan oleh fenomena yang disebut compound interest, yang membutuhkan waktu untuk "mengembangkan" sehingga uang Anda cukup untuk mendukung diri sendiri dan keluarga yang kami dukung ketika tidak secara aktif berfungsi.


Semakin lama durasi yang Anda kumpulkan dan kembangkan dana, ditambah bunga yang bisa Anda dapatkan. Terutama jika Anda menabung dengan teknik minat majemuk, Anda akan mendapatkan bunga tidak hanya dari modal utama, tetapi juga bunga yang Anda terima dari awal kepentingan penghematan bunga. Dan itu adalah keindahan bunga majemuk.

Di Indonesia, periode pensiun karyawan biasanya dimulai pada usia 55 tahun. Dengan asumsi harapan hidup berusia 75 tahun, Anda membutuhkan dana yang seharusnya cukup untuk biaya hidup selama 20 tahun. Jika saat ini Anda memiliki 25 tahun, Anda memiliki 30 tahun untuk menghemat dan menghemat uang. Jika Anda berusia 30 tahun, Anda berusia 25 tahun. Pada usia 35, ia berusia 20 tahun; dll.

Mengapa waktu penghematan Anda menjadi penting ketika mendiskusikan dana pensiun? Bahkan, semakin sedikit durasi, semakin banyak uang yang Anda butuhkan untuk menyetor dalam tabungan dana pensiun Anda penting. Ada pencarian bahwa jika Anda mulai menyiapkan dana pensiun pada usia 25, cukup pesan tentang 10% dari gaji Anda. Meskipun jika Anda mulai pada usia 35, Anda harus menyisihkan minimal 30% dari gaji Anda.

Intinya, jumlah uang yang Anda butuhkan untuk memesan penghasilan berbanding terbalik dengan durasi atau durasi pengumpulan. Mulai tercepat, yang paling ringan menyimpannya karena membutuhkan jumlah yang relatif kecil. Meskipun jika sudah ketat dengan keterlambatan - dekat waktu pensiun, uang yang harus disimpan juga lebih besar. Semua tenggat waktu lima tahun, Anda harus siap untuk menggandakan anggaran dana pensiun, yang mungkin perlu mengorbankan mimpi-mimpi lain yang dapat Anda dapatkan dengan anggaran yang sama.

Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa usia 20 - tepat setelah lulus dan mulai bekerja - adalah usia yang ideal untuk mulai menabung untuk dana pensiun. Istilah "waktu adalah uang" dapat ditafsirkan dengan bebas, yaitu karena lama dapat membantu Anda meningkatkan cukup uang untuk dana pensiun Anda.

Namun, bagi Anda yang menuju ke kepala tiga, jangan mengecilkan hati Anda. Pada dasarnya, waktu terbaik untuk mulai menabung untuk pensiun sekarang. Mulai sekarang, itu selalu lebih baik daripada tidak sama sekali. Secepatnya. Dan jika ini terdaftar secara teratur, itu akan lebih baik untuk hasilnya.

Tentu saja, pilihlah keselamatan penghematan pensiun yang paling menguntungkan Anda jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan ahli. Selain penghematan pensiun juga memiliki asuransi pendidikan terbaik untuk anak-anak Anda.