Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Begini Cara Menabung yang Benar

Menabung adalah cara terbaik agar gaji atau pemasukan Anda tidak cepat habis, supaya bisa memenuhi kebutuhan mendesak di kemudian hari. Ada beberapa cara menabung yang benar agar bisa dapat menyimpan uang dengan baik tanpa selalu tergiur mengambilnya, yaitu sebagai berikut.

Menetapkan Tujuan Menabung

Hal pertama yang perlu dilakukan agar bisa menabung dengan benar adalah menetapkan tujuan. Menabung pada dasarnya dilakukan untuk menyimpan uang agar jumlahnya bisa terkumpul. Anda harus menetapkan tujuan dari menabung ini agar sealu mengingat pentingnya menyisihkan uang.

pixabay.com
Penetapan tujuan merupakan salah satu pemicu dari keberhasilan menabung, sebab akan meningkatkan motivasi. Apabila Anda mempunyai tujuan dalam menabung, maka akan terasa lebih mudah untuk menyisihkam sedikit uang karena mempunyai harapan di masa mendatang.

Mulai Menyimpan dan Mengumpulkan Uang Kembalian

Hal berikutnya yang bisa dilakukan agar bisa menabung dengan benar adalah mulai menyimpan dan mengumpulkan uang kembalian. Cara ini merupakan langkah awal yang bisa digunakan untuk membiasakan diri agar terlatih dalam menyisihkan uang dan menyimpannya kembali.

Uang kembalian, terutama jika berbentuk koin yang biasanya dibiarkan tercecer bisa mulai dikumpulkan dan disimpan di wadah khusus. Uang kembalian yang dikumpulkan dan disimpan tersebut termasuk ke dalam salah satu contoh tabungan untuk dilakukan di rumah.

Menyimpan dan mengumpulkan kembalian ini juga akan membantu Anda untuk mereview kembali pengeluaran. Apabila Anda mulai menyimpan dan mengumpulkan uang kembalian ini, maka harus menyiapkan wadah khusus yang akan mengamankannya.

Memulai dengan Nominal Kecil Terlebih Dahulu

Cara menabung yang benar berikutnya adalah memulai dengan nominal kecil terelebih dahulu. Menabung dengan nominal kecil ini dilakukan untuk berlatih membiasakan diri dan berhemat. Anda bisa membandingkan atara penghasilan dan jumlah pengeluaran untuk menabung.

Hal yang bisa dilakukan untuk menjalankan cara ini adalah dengan menetapkan persentase tabungan guna membantu Anda tetap konsisten. Untuk langkah awal, Anda bisa menentukan persentase yang kecil saja agar kedepannya bisa konsisten dan menyesuaikannya dengan gaji serta pengeluaran.

Menabung dengan jumlah yang kecil bukanlah suatu hal memalukan, sebab Anda tetap mempunyai simpanan uang. Persentase ini juga bisa ditingkatkan apabila pendapatan yang diterima setiap bulannya ternyata semakin besar.

Membuat Rekening Tepisah

Pembuatan rekening yang terpisah cukup efektif untuk membedakan uang tabungan dan biaya khusus pengeluaran. Anda bisa membuat lebih dari satu rekening untuk memisahkan kebutuhannya, termasuk dalam kebutuhan guna menyimpan tabungan yang akan disetorkan setiap bulannya.

Rekening yang digunakan untuk tabungan sebaiknya disimpan di dalam tempat khusus agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Membedakan rekening tabungan dan pengeluaran akan menyelematakan sebagaian uang Anda agar bisa digunakan untuk kebutuhan darurat.

Mengatur Automatic Debit ke Rekening Tabungan

Menggunakan automatic debit merupakan cara menabung yang benar berikutnya, terutama jika gaji Anda biasanya langsung ditransfer ke rekening bang. Fungsi dari fitur automatic debit ini adalah memotong secara otomatis saldo Anda untuk keperluan menabung pada akun tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan automatic debit adalah jumlah nominal yang harus dimasukkan. Biasanya, Anda diminta untuk memberikan pilihan persentase terlebih dahulu agar memudahkan pemotongan gaji bulanan untuk tabungan apabila sedang lupa belum transfer.

Fitur automatic debit ini juga akan membuat Anda terhindar dari kalep berbelanja, karena uangnya sudah masuk di palugada. Selanjutnya, Anda perlu menetapkan tanggal tranfer untuk memudahkan pihak bank agar bisa melakukan pemotongan apabila pembayarannya tidak tepat waktu.