Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Keuangan Bulanan yang Mudah Diterapkan

Pengelolaan uang yang baik diperlukan agar pendapatan bulanan tidak cepat habis. Anda perlu mengatur keuangan bulanan dengan bijak agar tidak merasa kesulitan dalam segi finansial di akhir bulan. Berikut adalah ulasan mengenai cara mengatur keuangan bulanan yang bisa diterapkan.

pxhere.com
Segera Membayar Tagihan Bulanan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan adalah segera membayar tagihan terlebih dahulu. Bagi Anda yang mempunyai tagihan, sebaiknya memperhatikan tanggal jatuh tempo pembayarannya. Pastikan Anda membayar tagihan tepat waktu agar tanggungan sedikit berkurang.

Pisahkan keuangan yang khusus digunakan untuk membayar tagihan agar tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya. Hal ini mengingat pembayaran tagihan, seperti listrik, cicilan, dan telepon pasti harus selalu dibayarkan setiap bulannya, sehingga harus disediakan dana khusus.

Membuat Laporan Keuangan Harian

Mengatur keuangan bulanan dapat dimulai juga dengan memperhatikan pengeluaran harian Anda. Caranya adalah dengan mencatat segala pengeluaran harian untuk mengetahui uang yang dimiliki sudah digunakan untuk membayar apa saja.

Anda bisa mulai mengumpulkan struk belanja dan mencatat setiap pengeluarannya agar tidak lupa setelah menggunakan uang. Selanjutnya, Anda bisa melakukan analisa terhadap apa saja pengeluaran yang sebenarnya tidak penting dan bisa diminimalisir untuk memperbaiki keuangan bulan berikutnya.

Melakukan Investasi

Cara mengatur keuangan bulanan berikutnya adalah dengan melakukan investasi. Langkah ini bisa dilakukan agar uang yang Anda miliki tidak terbuang sia-sia, melainkan disalurkan di bisnis. Anda bisa mencoba untuk memulai investasi dengan modal kecil sekaligus untuk mengumpulkan uang.

Investasi ini bisa dilakukan dengan cara bergabung pada platform khusus atau membeli komoditas berharga. Apabila Anda tidak memngerti cara kerja saham, maka bisa melakukan investasi dalam bentuk emas. Logam emas mempunyai nilai tinggi, sehingga menguntungkan jika dijual kembali.

Membuat Anggaran Bulanan

Opsi berikutnya yang bisa dijadikan pilihan dalam pegaturan keuangan adalah dengan menyusun anggaran bulanan. Anda bisa mencatat perkiraan pendapatan yang akan diperoleh selama satu bulan dan membuat rincian pengeluaran agar bisa lebih terarah dalam menggunakan uang.

Pengeluaran yang terlebih dahulu harus Anda rinci dengan matang adalah kebutuhan harian dan rincian biaya bulanan. Jangan lupa untuk membuat anggaran dana cadangan untuk berjaga-jaga apabila terdapat pengeluaran mendesak sewaktu-waktu, sehingga Anda bisa segera mengatasinya.

Menyisihkan Tabungan

Tabungan merupakan bagian penting yang harus Anda pikirkan ketika sedang mengatur keuangan bulanan. Peranan tabungan ini adalah sebagai dana simpanan yang akan membantu mewujudkan dan memenuhi kebutuhan Anda di masa mendatang tanpa harus bingung memikirkan dananya.

Cara untuk menyisihkan tabungan ini bisa dilakukan dengan menetapkan persentase dari gaji yang akan diterima setiap bulannya. Penetapan persentase ini dilakukan agar nilai tabungan yang disisihkan bisa konsisten dan Anda bisa disiplin, sehingga tidak semua pendapatan setiap bulannya habis.

Memiliki Lebih dari Satu Rekening Bank

Cara mengatur keuangan bulanan yang terakhir adalah dengan mempunyai lebih dari satu rekening bank. Hal ini mungkin terlihat ribet, namun akan sangat menguntungkan karena Anda bisa membedakan dana yang akan digunakan. Rekening tersebut bisa dipisahkan fungsi dan kegunaanya.

Salah satu contoh pemisahan keguanaan rekening ini adalah Anda bisa menggunakan salah satunyanya sebagai tabungan dan satunya lagi khusus untuk membiayai pengeluaran. Hal ini berarti Anda juga harus memisahkan uang yang akan digunakan untuk memenuhi pengeluaran dan akan disimpan sebagai tabungan.

Kartu ATM dari rekening bank yang digunakan sebagai tabungan sebaiknya tidak selalu dibawa bepergian agar tidak terpakai. Simpan ATM rekening bank yang dikhususkan untuk menyimpan tabungan ini di tempat aman.